Apa itu Fluid Dispensing System?

Apa itu dispensing? Fluid dispensing adalah suatu proses pengeluaran lem (adhesives), pelumas (lubricants), sealant dan beberapa jenis bahan kimia lainnya ke suatu wadah atau tempat. Ada banyak contoh aplikasi dari fluid dispensing di berbagai jenis industri. Metode untuk pengaplikasian tergantung dari jenis materialnya. Sebagai contoh, lem tembak merupakan salah satu contoh dari fluid dispensing dan dapat digunakan dirumah untuk kerajinan tangan atau perbaikan rumah. 

Untuk proses aplikasi yang lebih presisi, digunakanlah jarum dispensing atau biasa disebut dispensing needles. Jarum dispensing ini pun cukup beragam dimulai dari jenis, ukuran, dan material. Jarum yang meruncing (tapered needles) menghasilkan aliran yang cukup lancar dan biasa digunakan untuk jenis cairan yang pekat. Tapered needles memungkinkan deposit cairan pekat yang lebih cepat dibandingkan jarum biasa. Jarum stainless steel lebih efektif dalam segi presisi, sedangkan flexible tips lebih efektif untuk area yang susah dicapai.

Fluid dispensing dapat dibagi menjadi beberapa industri. Contoh yang paling umum adalah industri elektronik, otomotif, kesehatan, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: